TEMPE VAN COCOA


Oleh

Nama : Rian Reksi Tandra

NIM : 05101003036

 

Tempe van cocoa merupakan pangembangan produk inovatif dari kulit buah cocoa. tempe van cocoa adalah tempe yang dibuat dari kulit buah cocoa atau coklat.

Buah kakao terdiri dari empat bagian, yaitu kulit, plasenta, pulp dan biji. Yang diperdagangkan adalah bijinya. Kulit buah kakao (shel fod husk) adalah merupakan limbah agroindustri yang dihasilkan tanaman kakao (Theobroma cacao L.) Buah coklat yang terdiri dari 74 % kulit buah, 2 % plasenta dan 24 % biji. Hasil analisa proksimat kulit cokelat mengandung 22 % protein dan 3-9 % lemak.

Protein yang terkandung didalam kulit kakao ini cukup tinggi sehingga memungkinkan dijadikan produk makanan. Salah satu teknologi yang mungkin bisa diterapkan adalah dengan membuatnya menjadi tempe. Tempe merupakan produk fermentasi yang memiliki gizi tinggi karena kandungan protein sederhananya.

Proses pembuatan :

1. kulit cacao bagian luar dibuang atau dibersihkan

2. kemudian cacao dicuci bersih

3. cacao yang sudah dibersihkan dihancurkan kasar (serbuk kasar)

4. Bahan kemudian direbus agar lunak

5. Difermentasi menggunakan ragi tempe

6. produk cocoa van tempe

pembuatan tempe ini diharapkan dapat meningkatkan bioavailabilitas dari protein kulit coklat. Dengan adanya produk ini juga diharapkan menambah keanekaragaman produk makanan.

Pustaka :

Ristek.tanamanperkebunan.(online).( http://www.warintek.ristek.go .id/pangan/umum/tanam anperkebunan.pdf, diakses pada tanggal 25 maret 2013)
Ristek. tempe.(online).( tempe.pdf, diakses pada tanggal 25 maret 2013)

Advertisements